Ranking CPNS 2013 yang Tak Dipublikasikan Bikin Tanda Tanya

Ranking CPNS 2013 yang Tak Dipublikasikan Bikin Tanda Tanya
Jakarta : Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2013 yang nilainya memenuhi syarat passing grade belum tentu lolos jadi abdi negara. Masih ada sistem ranking yang menentukannya yang sayangnya itu tidak dipublikasikan sehingga timbulkan tanda tanya.
Hasil tes CPNS tanggal 24 Desember 2013 diumumkan KemenPAN RB dengan menggandeng Liputan6.com sebagai partnernya. Pengumuman tersebut dapat dicek di cpns.liputan6.com.
Ketika memasukkan nomor peserta di cpns.liputan6.com maka akan terlihat keterangan hasil sebagai berikut: MP atau Memenuhi Passing Grade serta TMP atau Tidak Memenuhi Passing Grade.
Jika hasil tes Anda masuk kategori MP itu artinya nilai tes saudara sudah memenuhi persyaratan. Meski begitu, lolos tidaknya peserta masih ditentukan instansi yang bersangkutan karena masih ada sistem ranking, yang sayangnya tidak dipublikasikan.

Sistem ranking ini diperlukan jika jumlah pelamar yang memenuhi MP lebih banyak dari kuota yang dibutuhkan. Contohnya ada 30 pelamar yang memenuhi nilai MP, tapi karena instansi yang bersangkutan hanya butuh 10 pegawai baru maka dalam pemeringkatannya akan diambil 10 yang terbaik dari yang masuk kategori MP.

Sistem ranking yang tidak transparan ini jadi pertanyaan para CPNS. Beberapa keluhan yang masuk ke redaksi antara lain:

"Aneh ya, katanya transparan, terus KemenPAN yang menangani seleksi cpns nya, yang nentuin yang lulus tetap instansi, basa-basi.. transparan dari Hong Kong??"
"Lulus di BKN belum tentu lulus di BKD. Sama saja bohong. Inilah Indonesia tercinta, sukanya bikin rakyat bingung, risau. Kapan negara mau maju ya. Sampai kiamat kayanya nggak bakalan"
"Kenapa tidak mengumumkan ranking sekalian biar lebih jelas, kita diterima atau tidak".
Siapa yang menentukan sistem ranking ini?

Penentu kelulusan tetap di tangan pejabat berwenang di instansi masing-masing berdasarkan kebutuhan instansi terkait. Jadi kelulusan tidak semata-mata melihat nilai passing grade tapi juga melihat kebutuhan atau kuota pegawai dari instansi yang bersangkutan.

Jika yang lolos atau masuk kategori MP di intansi terkait sangat banyak, maka pejabat berwenang di instansi tersebut akan melakukan pemeringkatan.

Menanggapi banyaknya pertanyaan soal sistem ranking yang tidak transpran, Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Setiawan Wangsa Atmaja mengatakan sistem ranking adalah tanggung jawab instansi bersangkutan bukan di KemenPAN RB.
"Sudah ada di instansi yang bersangkutan termasuk di panselnas, kami bisa cross check bila tidak sesuai dengan ranking tersebut," jelas Setiawan ketika dihubungi Liputan.com, Rabu (25/12/2013).

Sumber: http://bisnis.liputan6.com/read/784162/ranking-cpns-2013-yang-tak-dipublikasikan-bikin-tanda-tanya
Get widget