BKD - Badan Kepegawaian Daerah - Berita Terbaru

Ini Dia Formasi CPNS dan Situs BKD Pemprov DKI Jakarta JAKARTA

Antusias menjadi abdi negara memang tak terbendung di tahun 2013.Apalagi sebelumnya, tak ada penerimaan CPNS di pemerintah daerah selama dua tahun berturut-turut.Sejak tanggal 3 September 2013 kemarin, Pemprov DKI Jakarta membuka secara resmi pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS).

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta juga telah menerima formasi CPNS 2013 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan dan RB).Menurut Kepala BKD DKI Jakarta, I Made Karmayoga, Pemprov DKI Jakarta kebagian 1.515 orang untuk tahun ini.

Lowongan tersebut terdiri darit tenaga pendidik sebanyak 203 orang, tenaga kesehatan S1 sebanyak 300 orang, D3 farmasi 230 orang, teknis D3 (analis, kimia, ternak, sipil, meteorologi, komputer, teknologi) sebanyak 101 orang, serta teknis S1 (teknik sipil, planologi, elektro, mesin, TI, lingkungan, arsitektur/landskap, industri, transportasi, geologi, geografi, pertanian, perikanan, biologi, dokter hewan) sebanyak 175 orang.

Kemudian, teknis kejuruan SMK (petugas pemadam, penguji TKB, teknisi listrik) sebanyak 283 orang, rumpun administrasi D3 perpajakan sebanyak 20 orang dan rumpun S1 (akutansi manajemen, finance, ekonomi, pembangunan/ilmu ekonomi, kesmas, komunikasi, sosiologi, hukum perpustakaan, sejarah, antropologi, seni/sastra) sebanyak 93 orang.

Info resmi BKD DKI Jakarta dapat diakses melalui situs bkddki.jakarta.go.id

Pendaftaran Online CPNS Yogyakarta Mulai 5 Septembera

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pendaftaran penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dimulai tanggal 5 September hingga batas waktu 29 September 2013. Dari 1.074 kebutuhan yang diusulkan, Yogyakarta hanya mendapatkan formasi 120 orang.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DIY Agus Supriyanto mengatakan 120 formasi tersebut terdiri dari tenaga pendidikan 12 orang, tenaga kesehatan 47 orang dan tenaga teknis 61 orang.
Untuk penyaringannya DIY hanya sebagai pelaksana. Hanya ada tes administrasi dan tes tertulis saja. ''Seluruh soal dan pemeriksaan dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Ya seperti UN (Ujian Nasional) anak sekolah itu,'' kata Agus, Senin (2/9).

Agus menyampaikan segala informasi terkait dengan penerimaan CPNS DIY 2013 maupun terkait formasi yang tersedia bisa diakses melalui laman www.bkd.jogjaprov.go.id. Seluruh pendaftar harus melakukan pendaftaran online terlebih dahulu melalui website www.cpnsdiy.jogjaprov.go.id selama tanggal 5–19 September 2013 pukul 24.00 WIB.

''Semua harus mendaftar online dulu. Kalau dia tidak mendaftar online, maka berkasnya tidak diterima,''ujar Agus. Berdasarkan keterangan yang bisa diunduh melalui website resmi BKD diketahui bahwa pengumpulan verifikasi berkas dilakukan pada tanggal 5 September–20 September 2013. Berkas para pendaftar ini akan diseleksi. Lalu hasil seleksi administrasi akan diumumkan pada tanggal 24 September 2013.
Disitu juga akan diumumkan soal lokasi tes kompetensi dasar  bagi para pelamar yang lulus seleksi administrasi. Pada  25–27 September 2013 para peserta akan diminta mengambil kartu ujian.
Tes Kompetensi Dasar akan diselenggarakan 3 November 2013. Kemudian pengumuman CPNS akan dilaksanakan 19 Desember 2013 atau disesuaikan dengan tanggal yang ditentukan oleh Menteri Pendayagunaan Aparat dan Reformasi Demokrasi.

Secara terpisah, Anggota Komisi A DPRD DIYH Arif Noor Hartanto mengatakan dalam  pembahasan APBD perubahan 2013, BKD mengajukan anggaran pelaksanaan tes CPNS untuk 30 ribu orang pelamar dengan usulan dana sekitar Rp 1 miliar.

Sehubungan dengan hal itu, Komisi A sudah meminta BKD untuk merasionalisasi prediksi jumlah pendaftar disesuaikan dengan jumlah pendaftaran tahun lalu. Dia berharap kalau bisa perhitungannya lebih tepat sehingga anggarannya bisa lebih kecil.

Arif juga menekankan transparansi proses penerimaan CPNS serta penegakan aturan dan mekanisme sesuai  dengan aturan yang ada. ''Jangan sampai tidak transparan,'' harapnya.

BKD Lampung Mulai Buka Pekan Depan

BANDARLAMPUNG – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Lampung baru akan mengumumkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari jalur umum pada Senin (9/9) mendatang.’’Insya Allah kita sudah bisa membuka pendaftaran pada 9-28 September,” ungkap Kepala BKD Lampung Syarif Anwar kepada wartawan di kantornya kemarin.

 
Sebelum membuka pendaftaran, lanjut dia, BKD provinsi akan terlebih dahulu memanggil pimpinan kabupaten/kota yang mendapat kuota CPNS 2013.Pemanggilan tersebut dilakukan guna memaparkan hal-hal yang wajib disiapkan serta tahapan-tahapan yang harus dilakukan dalam proses rekrutmen CPNS. Termasuk koordinasi mengenai tempat pelaksanaan tes.
 
"Rencananya, sembilan kepala daerah yang mendapat kuota CPNS 2013 kami kumpulkan Kamis (5/9). Kemudian keesokan harinya (6/9), kami langsung melakukan ekspose ke media terkait persyaratan, jadwal, dan hal-hal lain berhubungan dengan penerimaan tersebut. Pengumuman juga akan berisi jabatan yang dibutuhkan, jumlah, penempatan, dan kualifikasi minimal,” jelas Syarif.
 
Hanya saja, BKD belum dapat memaparkan rincian formasi dari penerimaan CPNS tersebut. Pasalnya dalam kunjungan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) kemarin, BKD ternyata baru sebatas mendapat pemaparan tahapan pelaksanaan CPNS. ’’Jadi belum ada hasil pasti yang bisa kami bawa pulang dari rapat tersebut,” ungkapnya. (RL/sam/jpnn)

BKD: Jangan Percaya Calo Penerimaan CPNS

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulawesi Barat, menegaskan agar jangan mudah memercayai para calo saat proses penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dengan menjanjikan kelulusan menjadi pengawai negeri sipil.

"Kami minta kepada para pendaftar CPNS di Sulbar untuk tidak sekali-kali percaya pada calo di penerimaan CPNS di Sulbar karena itu akan merugikan dan menipu anda sendiri," kata Kepala BKD Sulbar, Ansar Hasanuddin di Mamuju, Kamis.

Menurutnya, Pemprov Sulbar telah berjanji akan menindak tegas jika ada calo yang meminta imbalan kepada para CPNS di Sulbar dengan menjanjikan akan meluluskannya di penerimaan CPNS Sulbar.

"Kami telah melakukan langkah antisipasi dengan membuat surat pengumuman untuk tidak memercayai para calo termasuk apabila ada yang mengatasnamakan dirinya selaku kepala BKD," kata Ansar.

Karena itu dia meminta agar CPNS di Sulbar tidak mengandalkan calo pada penerimaan CPNS di Sulbar tetapi memercayai diri sendiri dengan mengerjakan tes CPNS secara tepat dan benar pada saat ujian CPNS Sulbar yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

"Kerjakan saja dengan sungguh sungguh seluruh tes CPNS yang diujikan karena Pemprov Sulbar menjamin penerimaan CPNS Sulbar akan dilakukan secara transparan jujur dan adil dan sesuai aturan yang belaku. Jika mengerjakan soal secara tepat dan benar maka itu akan lebih menjamin kelulusan anda," katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Sulbar, Drs.H.Ismail Zainuddin, juga menjamin tidak akan ada "konkalikong" atau persekongkolan dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemprov Sulbar.

"Penerimaan CPNS di kita tahun ini akan bersih, tidak ada persekonkolan antara panitia dengan peserta yang ingin diloloskan. Pemerintah akan menjamin itu," kata Sekda Sulbar.

Ia menegaskan tidak akan ada kecurangan dalam penerimaan CPNS karena tahun ini proses pendaftaran dan selanjutkan dilakukan melalui internet atau secara online.

Pendaftaran CPNS di Sulbar dibuka tanggal 2-20 September 2013 melalui akses internet, yaitu portal pemerintah provinsi www.sulbarprov.go.id.

"Pengumuman penerimaan CPNS tahun ini, dapat diakses melalui website tersebut, sehingga transparan. Tidak lagi secara manual yang berpotensi terjadi kecurangan," ujarnya.
http://www.republika.co.id/berita/nasional/daerah/13/09/06/mso05q-bkd-jangan-percaya-calo-penerimaan-cpns


Get widget