Mau Dapat Beasiswa S1 Gratis? Cek Di Sini Caranya

http://lokernesia.blogspot.com/2012/05/mau-dapat-beasiswa-s1-gratis-cek-disini.html

Mendapat beasiswa memang tidak selamanya mudah. Selain persyaratan yang sulit dipenuhi, proses seleksi pun sulit ditembus. Tetapi tahukah anda, kesempatan beasiswa bertaburan di sekitar Anda? Kita pun bisa dengan mudah mendapatkannya.

Situs Info Beasiswa S1, melansir, bahwa anda perlu bersiap sejak awal masuk kuliah untuk mendapatkan beasiswa sarjana secara penuh. Terlebih, anda bukan satu-satunya mahasiswa yang ingin kuliah gratis.

Langkah pertama adalah mengumpulkan informasi. Jangan malas mencari informasi beasiswa dari kampus incaran anda. Anda bisa juga mengumpulkan berbagai informasi beasiswa yang diberikan oleh perusahaan atau yayasan yang bekerjasama dengan kampus-kampus di Tanah Air.

Kemudian, pastikan anda memiliki nilai bagus dalam rapor SMA Anda. Hal ini penting karena beberapa kampus mensyaratkan nilai rata-rata minimal bagi anda yang melamar beasiswa S1. Buat anda yang sedang menempuh studi di SMA, usahakan agar nilai anda bagus dan stabil sejak semester pertama kelas X hingga lulus.

Prestasi akademik di luar nilai rapor yang bagus juga dapat menjadi senjata anda mendapatkan beasiswa. Anda bisa mengoleksi gelar juara dalam perlombaan mata pelajaran, mulai dari tingkat sekolah hingga nasional.

Setelah yakin prestasi akademik anda mampu menjadi modal dalam perburuan beasiswa, anda perlu juga memerhatikan aspek nonakademis. Salah satunya, aktiflah berorganiasi. Keaktifan anda dalam sebuah organisasi akan meningkatkan kemampuan interpersonal sekaligus memberikan nilai lebih di mata pemberi beasiswa. Anda bisa aktif di OSIS atau kelompok ekstrakurikuler di sekolah.

Koleksi prestasi nonakademis juga tidak kalah pentingnya. Anda bisa menunjukkan keandalanmu dalam lomba-lomba olahraga, seni, debat, dan sebagainya. Sekali lagi, prestasi ini akan menjadi nilai tambah bagi dirimu di hadapan para pemberi beasiswa.

Satu poin penting lainnya yang diperhitungkan para pemberi mahasiswa adalah kemampuanmu berbahasa asing, terutama bahasa Inggris. Apalagi, kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan telah menjadi syarat untuk bergaul di era globalisasi ini. 

Nah, hal terakhir yang perlu anda asah adalah kemampuanmu menghadapi wawancara. Sebab, wawancara adalah tahapan terakhir dalam proses seleksi beasiswa. Selain mengecek langsung kebenaran data yang anda berikan, wawancara juga menjadi kesempatan bagi pemberi beasiswa untuk mengenali karaktermu.

Semoga bermanfaat & salam sukses untuk rekan-rekan sekalian.

Tim LoKerNesia.

Get widget