Tes CPNS 2013 Berpeluang Dilaksanakan Setiap Hari

http://www.lokernesiaku.com/2012/09/tes-cpns-2013-berpeluang-dilaksanakan.html
Tes CPNS 2013 Berpeluang Dilaksanakan Setiap Hari

Tes Calon Pegawai Negeri Sipil 2013 direncanakan agar berjalan pada setiap harinya, di mana tes tersebut diproyeksikan untuk kalangan tenaga honorer kategori II. Hal tersebut diprakarsai setelah menuai kesuksesan pada pelaksanaan tes CPNS tahun 2012.

Wacana pelaksanaan Ujian CPNS periode 2013 yang bakal dijalankan setiap hari bisa saja benar-benar terlaksanakan asalkan program Computer Assisted Test (CAT) telah terlaksana, yang mana diklaim dengan adanya sistem seperti ini maka proses seleksi CPNS dapat berjalan lebih transparan, akuntabel serta hemat biaya.
 
Informasi yang beredar bahwa saat ini pemerintah sudah berhasil mendirikan CAT sejumlah 12 unit dan kesemua CAT tersebut berada pada kantor Badan Kepegawaian Negara (BKN) pusat serta BKN regional. Setiap program CAT yang nantinya dialokasikan untuk fokus pelaksanaan tes CPNS 2013 ini memiliki kapasitas 50 peserta ujian.

Demi penyempurnaan sistem rekrutmen CPNS periode 2013 di mana akan mengandalkan program CAT dengan kapasitas 50 peserta ujian maka akan dibutuhkan anggaran Rp 3,7 miliar. Sedangkan guna membangun CAT berkuota 100 peserta ujian diproyeksikan membutuhkan anggaran sebesar Rp 7,7 miliar. Pada awal tahun depan, pemerintah menargetkan sudah ada 33 pemprov yang memasang jaringan CAT.

Sistem tes CPNS dengan program CAT ternyata serupa dengan uji kompetensi guru (UKG) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) beberapa waktu silam. 

Seleksi CPNS nantinya yang mengandalkan program CAT tersebut bisa terlaksana setiap waktu dan setiap hari karena setiap hari ada PNS yang pensiun, sehingga dengan adanya hal tersebut tidak memungkinkan lagi tersedianya perpanjangan masa pensiun bagi PNS.

Secara keseluruhan, Tes CPNS tahun mendatang dijatahkan bagi tenaga honorer kategori II, namun tak ada perlakuan spesial, karena pelaksanaan tes CPNS bakal tetap dilaksanakan sebagaimana telah terlaksana pada 2012. Dan juga kriteria instansi yang memdapat jatah CPNS baru dari kelompok tenaga honorer kategori II tersebut bakal setara jika dibanding dengan tahun 2012.

Perlu diketahui agar setiap instansi negara yang menginginkan adanya penyelenggaraan tes CPNS pada tahun 2013 supaya dapat mengajukan kuota CPNS baru dari formasi tenaga honorer, maka diwajibkan harus memenuhi 4 (empat) dokumen persyaratan, yakni berupa dokumen analisis jabatan (anjab), analisis beban kerja (ABK), dan analisis postur PNS selama lima tahun ke depan. Sementara ini diprediksi bahwa akan ada 600 ribu lebih tenaga honorer kategori II yang memiliki hak berpartisipasi dalam tes CPNS pada 2013.
 
Jatah CPNS baru hanya akan dialokasikan kepada instansi pusat/ daerah yang memiliki postur anggaran gaji pegawai kurang dari angka 50 persen, maka dari itu setiap instansi yang mengajukan kuota CPNS diharuskan menerbitkan dokumen khusus untuk berpartisipasi dalam Tes CPNS tahun 2013 mendatang.

Get widget