Langkah Sederhana Berikut Ini akan Bantu Seimbangkan Kehidupan Pribadi & Karir Anda

http://lokernesia.blogspot.com/2012/06/langkah-sederhana-berikut-ini-akan.html

Apabila Anda tidak dapat mengingat kapan terakhir kali hang-out bersama teman-teman atau secara teratur mengecek handphone meskipun tidak berbunyi, maka Anda perlu waktu untuk berhenti sejenak dan mengganti prioritas Anda.

Kerja keras yang dilakukan merupakan kegiatan yang positif, tetapi apabila hal tersebut telah membuat Anda kelelahan, maka sudah saatnya untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Ikuti langkah-langkah mudah berikut untuk menambahkan waktu luang pribadi, seperti dilansir oleh Savvy Sugar.

A. Me Time

Buatlah pengingat di handphone atau tambahkan jadwal “Me Time” ke dalam kalender. Kegiatan tersebut perlu dilakukan agar Anda dapat memiliki waktu luang untuk memanjakan diri sendiri tanpa adanya gangguan.

B. Berolahraga

Salah satu cara terbaik untuk menjernihkah pikiran dan menghilangkan stress adalah dengan melakukan olahraga ringan. Kegiatan tersebut mampu memberikan dampak positif untuk kebugaran tubuh. Anda bisa melakukannya dengan jogging di pagi atau sore hari, atau olahraga ringan lainnya yang memungkinkan untuk dilakukan.
 
C. Batasi Jam Kerja di Rumah

Dengan adanya teknologi modern saat ini memudahkan untuk bekerja selama 24 jam dalam sehari. Tetapi bukan berarti Anda harus bekerja selama itu. Jika ada pekerjaan mendesak yang harus dilakukan di rumah, Anda harus membatasi jam kerja agar tidak berlebihan.

D. Ambil Waktu Pribadi untuk Istirahat

Saat jam istirahat di siang hari, Anda perlu mengambil waktu sekitar 15 hingga 20 menit dan manfaatkanlah waktu tersebut untuk keperluan pribadi Anda. Misalnya menelepon kekasih atau suami, mengobrol dengan rekan kerja, membeli camilan di mini market atau membuat daftar tugas yang harus diselesaikan selama seminggu ke depan sambil bersantai di salah satu kedai kopi.

E. Pulang Kerja Tepat Waktu

Anda perlu menetapkan batasan kapan harus berhenti bekerja dan pulang ke rumah tepat waktu. Jadi jika pekerjaan tersebut harus diselesaikan secepatnya, sebaiknya mengambil waktu tambahan di kantor sekitar 45 menit. Kemudian kembali berkutat dengan pekerjaan, namun hanya menyelesaikan poin-poin terpentingnya saja.

F. Matikan Ponsel Saat Tidur

Hal ini membantu Anda untuk tidak selalu memeriksa smartphone ketika berbunyi. Jadi sebaiknya letakkan ponsel Anda sejauh mungkin dari tempat tidur dalam keadaan off.
 
G. Jadwalkan Waktu Hang-out Bersama Teman

Bila Anda adalah tipe pekerja keras yang sangat sibuk, tak ada salahnya membuat rencana liburan dari jauh-jauh hari. Ada baiknya Anda menghubungi beberapa teman atau kerabat untuk sekedar makan atau hang-out bersama.
 
H. Melakukan Hobi

Apakah anda suka membaca, melukis, atau bermain musik? Penting bagi Anda untuk memasukan hobi ke dalam jadwal kegiatan. Hal ini membantu Anda untuk memiliki quality time dengan diri sendiri. Anda dapat memulainya dengan mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus musik, lukis dan lain sebagainya.

Semoga bermanfaat dan salam sukses untuk Anda semua.

Tim LoKerNesia

Get widget