Info CPNS 2012 Pemprov Jawa Timur : Standar Kompetensi CPNS Makin Ditingkatkan

http://www.lokernesiaku.com/2012/07/info-cpns-2012-pemprov-jawa-timur.html

Sebagaimana dirilis TribunNews di Surabaya bahwa proses rekrutmen CPNS Pemprov Jawa Timur nampaknya mulai memberlakukan standar kemampuan di atas rata-rata bagi calon aparatur pemerintah.

Akhmad Sukardi selaku Asisten IV Bidang Administrasi Umum Setdaprov Jatim mengatakan, ada 15 syarat umum yang harus dipenuhi oleh pelamar CPNS. Dua diantaranya, IPK  minimal 2,90 dan mampu mengoperasikan sistem word, excel, dan power point di komputer.

Kalau tak memenuhi dua syarat itu, tentu dinyatakan gugur. Karena dua syarat itu sama pentingnya dengan syarat lain misalnya, berkelakuan baik dan tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik,” ujarnya.

Kabar yang beredar menyebutkan, pengumuman pendaftaran penerimaan CPNS Pemprov akan dilakukan 3 Agustus 2012. Pendaftaran pelamar secara online dimulai 11-15 Agustus, demikian juga surat lamaran yang dikirim lewat pos kilat. Pengumuman pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi, pada 3 September dan 8 September 2012 digelar ujian CPNS 2012. "Hasil ujian rencananya diumumkan pada 18 September 2012," ujarnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim Akmal Boedianto menambahkan, dalam rekruitmen CPNS pertama paska moratorium ini, Pemprov Jatim mendapatkan kuota 148 orang. Dari jumlah itu, 90 orang akan diisi oleh tenaga kesehatan dan 58 sisanya untuk tenaga teknis lainnya. Selain Pemprov Jatim, Pemkot Surabaya juga mendapat jatah penerimaan CPNS baru.

Itu dilakukan karena Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya oleh Pemerintah Pusat dinyatakan sudah melakukan analisis jabatan, analisis beban kerja, dan alokasi anggaran belanja pegawai masih dibawah 50 persen,” terangnya.
 
Dalam rangka mendukung pelaksanaan rekruitmen CPNS tersebut, kata Akmal, BKD mengajukan anggaran sebesar Rp 1 miliar dalam Perubahan APBD 2012. Akmal berharap, anggaran tersebut disetujui mengingat sangat pentingnya rekruitmen CPNS baru menyusul banyaknya PNS yang pensiun sekaligus mendesaknya kebutuhan untuk posisi tenaga kesehatan dan para medis serta formasi teknis lainnya.

Get widget