Job Fair di Jaksel Buka 13.700 Lowongan Kerja


Sebanyak 13.700 lowongan kerja dari 51 perusahaan baik jasa maupun keuangan disediakan dalam Job Fair yang digelar di Atrium Blok M Plaza, Jl Hasanudin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (21/11).

Banyaknya lowongan kerja yang tersedia, membuat acara yang dibuka hingga besok ini cukup diminati ribuan pencari kerja. Bahkan, antrean para pencari kerja sudah mengular sejak pagi sepanjang 500 meter. "Acara ini sebagai bentuk usaha Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan pengguna tenaga kerja," ujar Priyono, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DKI Jakarta, Kamis (21/11).

Menurut Priyono, saat ini di Provinsi DKI sudah terdapat sekitar 500 ribu pengangguran. Jumlah tersebut hampir merata di setiap wilayah. "Ada sekitar 500 ribu pengangguran di DKI. Kalau di Jakarta selatan itu ada sekitar 93 ribuan pengangguran," katanya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Jakarta Selatan, Dwi Untoro mengatakan, pada bursa kerja kali ini terdapat 51 perusahaan yang ikut. Dengan jumlah total lowongan yang tersedia 13.700 posisi. "Diharapkan saat usai acara ini para pencari kerja bisa memilih dan mendapatkan bidang pekerjaan yang sesuai dengan pendidikan serta keahliannya. Selain itu perusahaan juga harus memberikan gaji sesuai aturan UMP yang ditetapkan," tegasnya.

Sedangkan, untuk para pencari kerja yang ingin mendapatkan pelatihan, Dwi menyarankan, agar bisa mendaftarkan diri ke seksi tenaga kerja di kecamatan masing-masing. "Bisa lewat seksi yang ada di kecamatan. Kita memberi kesempatan kepada pencari kerja untuk dilatih di Balai Latihan Kerja," ucapnya.

Idrus (25) seorang pencari kerja mengaku, bersyukur dengan adanya acara tersebut. Sebab, dengan begitu bisa sangat membantu dirinya yang masih menganggur. "Ya terbantu sekali untuk kita yang belum bekerja. Karena kalau mengunjungi satu-satu perusahaan memakan biaya," kata lulusan D3 perguruan tinggi swasta itu.

Sumber: http://www.beritajakarta.com/2008/id/berita_detail.asp?idwil=0&nNewsId=57071
Get widget